Senarai

Hidup adalah keteguhan tekad, bukan apa yang diberikan oleh kehidupan tapi apa yang dapat kita berikan untuk kehidupan, bukan kesulitan kita tapi bagaimana kita mengatasi kesulitan kita.
Share |

Sabtu, 11 Desember 2010

Jangan puji Timnas berlebihan!

Timnas Indonesia 2010
Ada rasa kekhawatiran tersendiri ketika saya membaca di berbagai media, baik itu media elektronik, koran, dan internet. Hampir semua media membahas soal performa timnas Indonesia saat ini. Memang patut dimengerti, saat ini penampilan Timnas Indonesia memang sedang onfire di turnamen AFF 2010. Sapu bersih atas Malaysia, Laos, dan Thailand tentu merupakan sebuah rekor tersendiri dan merupakan hal yang paling dinanti publik sepakbola negeri ini. Namun, segala atensi, pujian, dan kata-kata manis lainnya yang dimuat di berbagai media saya kira terlalu berlebihan.

Ternyata ini tidak dirasakan oleh saya sendiri, bahkan pelatih timnas Alfred Riedl sendiri merasakan hal yang sama. Dia sangat risih dengan kedatangan wartawan disegala penjuru yang mendatangi para pemain dan dirinya. "Kami bukan sirkus" katanya. Ujungnya dia menerapkan aturan baru di tim, bila ada yang menerima wartawan di hotel tempat pemain menginap maka dia tidak akan segan-segan 'menendang' pemain tersebut dari skuad. Sebuah keputusan tegas dan mantap. Ini belum pernah dilakukan oleh pelatih timnas sebelumnya.

Memberikan pujian boleh, asal jangan berlebihan. Memberikan atensi kepada timnas kita yang tangguh itu juga tidak haram, tapi sekali lagi jangan berlebihan. Ingat, Indonesia baru sampai semi-final, di depan kita sudah ditunggu Timnas Filipina yang juga tangguh. Indonesia tidak boleh lengah, tetap fokus dan konsentrasi latihan. Jangan pernah remehkan lawan, bermain sportif dan saya yakin tahun ini Timnas Indonesia akan juara AFF. Insya Allah...

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...