Senarai

Hidup adalah keteguhan tekad, bukan apa yang diberikan oleh kehidupan tapi apa yang dapat kita berikan untuk kehidupan, bukan kesulitan kita tapi bagaimana kita mengatasi kesulitan kita.
Share |

Senin, 27 Desember 2010

Sejarah GOOGLE

Blog ini memang bukan blog yang bertemakan masalah IT atau dunia internet. Sejak awal blog ini saya ciptakan untuk memuat tulisan-tulisan yang bisa menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi para pembacanya. Atas alasan itulah saya menuliskan artikel yang mengulas Google yang merupakan sosok riil raksasa mesin pencari tersukses yang sangat ditakuti raksasa Microsoft. Kesuksesan Google menjelma menjadi sebuah kekuatan baru patut kita apresiasi dan mudah-mudahan bisa kita contoh. Ya sudah, kita mulai saja.

Sergey Brin dan Larry Page
Google dibangun oleh dua orang Yahudi bernama Larry (Lawrence) Page dan Sergey Brin. Larry dan Sergey pada waktu itu masih berumur 24 dan 23 tahun. Mereka bertemu pertama kali di Stanford University, California, Amerika Serikat. Larry Page adalah seorang lulusan dari East Lansing High School. Dia memperoleh Bachelor of science dalam teknik komputer dari Universitas Michigan. Sedangkan Sergey Brin adalah seorang Yahudi kelahiran Moscow 21 Agustus 1973 yang merupakan lulusan University of Maryland yang mengambil program doktoral bidang ilmu komputer sama seperti Larry.

Kedua orang ini bertemu di Universitas Stanford. Dua orang ini memang duo jenius yang mungkin sudah ditakdirkan untuk bertemu. Mereka sering debat hebat karena keduanya kerap kali berbeda pendapat dalam hampir segala hal. Namun karena sering terjadi perdebatan inilah akhirnya mereka menjadi dekat dan merasa cocok. Kesamaan latar belakang keluarga yang merupakanYahudi menjadikan mereka semakin erat saja.
Awalnya Larry dan Sergey menamai proyek mesin  pencarinya dengan nama sandi BackRub. Nama ini hanya bertahan hanya satu taun saja. BackRub ini sendiri pada awalnya adalah garapan solo Larry yang kemudian dibantu oleh Sergey. Mereka menghabiskan waktu bersama demi mewujudkan misi mereka untuk menciptakan mesin pencari yang benar-benar bisa diandalkan.

Pada tahun 1997 nama BackRub berubah menjadi Google. Google berasal dari kata "googol" yang dalam ilmu matematika berarti bilangan besar sepuluh pangkat seratus yang berarti digit 1 diikuti seratus nol dalam desimal. Nama tersebut merupakan gambaran misi mereka untuk mengeksplor web yang sangatlah banyak. Google awalnya beroperasi di server milik Stanford University dengan domain google.stanford.edu. Tapi pada tahun 1997 domain google.com dirilis. Dengan uang pinjaman sebesar USD 1,1 juta Larry dan Sergey mulai membangun google dan menyewa garasi milik Susan Wojcicki di 232 Santa Margarita, Menlo Park, California. Pada 4 september 1998 Google resmi dibuka dan diberi nama Google Inc.
GooglePlex

Sejak saat itulah Google terus berkembang dan terus berinovasi sampai sekarang. Google berganti-ganti tempat kantor mereka karena mereka terus tumbuh menjadi perusahaan raksasa dan siap melewati rival-rival utama mereka yang notabene sudah berdiri sebelumnya. Puncaknya pada 2004 mereka berpindah kantor baru yang sangat terkenal yaitu Googleplex. GooglePlex merupakan tempat kerja yang paling diminati di seluruh dunia karena terkenal dengan "Kenyamanan" dalam bekerja disana.
Begitulah googel, hingga saat ini menjadi perusahaan raksasa yang ditakuti oleh Microsoft sekalipun. Sepak terjangnya begitu hebat, terutama kemampuan duo Rusia yang pandai mencari peluang. Dimulai dari sebuah garasi, sekarang menjadi GooglePlex.

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Google

http://id.wikipedia.org/wiki/Larry_Page
http://id.wikipedia.org/wiki/Sergey_Brin

http://id.wikipedia.org/wiki/Googol
http://id.wikipedia.org/wiki/Googleplex
Susrini, Ketut. 2009. Google. Yogyakarta : PT. Bentang Pustaka
dan berbagai sumber lainnya.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...